Monday, October 15, 2012

MANFAAT MEMPELAJARI ILMU LOGIKA

Mempelajari ilmu ini sungguh sangat berfaedah sekali untuk hal-hal sebagai berikut :
  1. Melatih jiwa manusia agar dapat memperhalus jiwa fikiranya. 
  2. Mendidik kekuatan akal fikiran dan memperkembangkannya yang sebaik-baiknya dengan melatih dan membiasakan mengadakan penyelidikan-penyelidikan tentang cara berfikir. 
 Dengan membiasakan latihan berfikir, manusia akan mudah cepat mengetahui dimana letak kesalahan yang menggelincirkanya dalam usaha menuju hukum-hukum yang diperoleh dengan fikiran itu.


Jadi mempelajari ilmu mantiq (logika) itu sama dengan mempelajari ilmu pasti, dalam arti sama-sama tidak langsung memperoleh faedah dengan ilmu itu sendiri, tapi ilmu-ilmu itu sebagai perantaraan yang merupakan suatu jembatan untuk ilmu-ilmu yang lain juga untuk menimbang sampai dimana kebenaran ilmu-ilmu itu. Dengan demikian maka ilmu mantiq (logika) juga boleh disebut ilmu pertimbangan atau ukuran dalam bahasa arab disebut ’ilmulmizan atau Mi’ulum.

Manfaat lain:
1. Menjaga kita supaya selalu berfikir benar.
2. Efektif dalam berfikir ataupun berargumentasi.
3. Berfikir sistematis sesuai aturan-aturan berfikir benar.
4. Sebagai ilmu alat dalam mempelajari ilmu apapun, termasuk filsafat.
karena yang dipelajari dalam ilmu logika hanyalah berupa aturan-aturan berfikir benar, maka tidak otomatis seseorang yang belajar logika akan menjadi orang yang selalu benar dalam berfikir. itu semua tergantung seperti apa dia menerapkan aturan-aturan berfikir itu, disiplin tidak dalam menggunakan aturan-aturan itu, sering berlatih, dan tentu saja punya tekad untuk tetap berada dalam kebenaran.

Manfaat lain:
         (1) Logika menyatakan, menjelaskan, dan mempergunakan prinsip-prinsip abstrak yang dapat dipergunakan dalam semua lapangan ilmu pengetahuan.
(2) Pelajaran logika menambah daya pikir abstrak dan ddengan demikian melatih dan mengembangkan daya pemikiran dan menimbulkan disiplin intelektual.
(3) Logika mencegah kita tersesat oleh segala sesuatu yang kita peroleh berdasarkan otoriti.

Manfaat lainya:
            Belajar logika berarti kita belajar berpikir atau bernalar yang merupakan kegiatan akal manusia dengan mana pengetahuan yang kita terima melalui panca indera diolah dan ditujukan untuk mencapai suatu kebenaran. Dengan berpikir kita belajar menilai sesuatu sehingga dapat disimpulkan manfaat belajar logika adalah kita memanifestasikan pikiran sehingga mampu mempertimbangkan, merenungkan, menganalisis, menunjukkan alasan-alasan, membuktikan sesuatu, menggolong-golongkan, membanding-bandingkan, menarik kesimpulan, meneliti suatu jalan pikiran, mencari kausalitasnya, membahas secara relitas dan lain-lain.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

1 comment:

  1. Kita Memang harus mengetahui manfaat dari ilmu logika, agar nantinya menjadi barometer pengambil keputusan bagi kita.

    ReplyDelete

Anda peminat madu asli?
Kunjungi target='blank'>Amiriyah madu