Respon Paper / Didik Wahyudi
Piutang adalah aktiva yang timbul karena dilaksanakannya penujualan oleh perusahaan secara kredit. Ini di lakukan untuk merangsang minat pelanggan, sehingga dapat memperluas pasar dan memperbesar hasil penjualan. Namun cara ini juga dapat menimbulkan resiko, dimana piutang tidak dapat ditagih baik sebagiannya maupun seluruh piutang tersebut. Oleh karena itu harus diperhitungkan biaya piutang tersebut, biaya ats resiko yang di tanggung dari piutang dalam bentuk bad debt expense.
Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya piutang:
1. Volume penjualan
Makin besar penjualan kredit semakin besar pula jumlah piutang begitu pula sebaliknya
2. Syarat pembayaran bagi penjualan kredit
Semakin panjang batas waktu pembayaran semakin besar pula jumlah piutang dan sebaliknya semakin pendek batas waktunya pembayaran kredit juga semakin kecil jumlah piutang
3. Ketentuan tentang batas volume penjualan kredit
Bila batas maksimal penjualan kredit ditetapkan dalam jumlah besar maka piutang juga semakin besar
4. Kebiasaan membayar para pelanggan kredit
Apabila kebiasaan membayar pelanggan mudur dari waktu yang telah di tetapkan maka piutang akan semakin besar
5. Kegiatan menagih piutang dari perusahaan
Apabila penagihan piutang bersifat aktif maka jumlah piutang semakin kecil dan apabila pasif maka jumlah piutang semakin besar
Manajemen piutang mempunyai Kegiatan yaitu:
a. Perencanaan jumlah dan pengumpulan piutang
b. Pengendalian piutang
c. Penggunaan ratio-ratio
Kunjungi Lapak Kami Dhamar Mart,,, Harga kesepakatan penjual dan pembeli.
Instagram @dhamar_mart
Instagram @dhamar_hijab
FB Dhamar Mart
Instagram @dhamar_mart
Instagram @dhamar_hijab
FB Dhamar Mart
Share it to your friends..!
0 comments "Manajemen piutang", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment
Anda peminat madu asli?
Kunjungi target='blank'>Amiriyah madu