Friday, February 26, 2010

PASAR

Pengertian
Pasar dalam arti sempit adalah tempat permintaan dan penawaran bertemu, dalam hal ini lebih condong kearah pasar tradisional.
Sedangkan dalam arti luas adalah proses transaksi antara permintaan dan penawaran, dalam hal ini lebih condong kearah pasar modern. Permintaan dan penawaran dapat berupa barang atau jasa. Sedangkan secara umum pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Jadi besarnya pasar tergantung dari jumlah orang yang memiliki kebutuhan,punya sumber daya yang diminati orang lain,dan mau menawarkan sumber daya itu untuk ditukar supaya dapat memenuhi keinginan mereka.
Fungsi-fungsi pasar
1. Sebagai penentu nilai,
2. Sebagai organisator produksi,
3. Sebagai distributor produk.
Macam dan jenis pasar yang ada:
1. Pasar Barang, pasar yang menjual produk dalam bentuk barang.
- Pasar Konkrit (nyata) yaitu bertemunya antara penjual dan pembeli secara fisik dalam melakukan transaksi jual beli barang. Misalnya ada los-los, toko-toko, dll. Di pasar konkret, produk yang dijual dan dibeli juga dapat dilihat dengan kasat mata. Konsumen dan produsen juga dapat dengan mudah dibedakan.
- Pasar abstrak, pasar yang lokasinya tidak dapat di lihat dengan kasat mata.konsumen dan produsen tidak bertemu secara langsung. Biasanya dapat melalui internet, pemasanan telpon, dll. Barang yang diperjual-belikan tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi pada umumnya melalui brosur, rekomendasi, dll. Kita juga tidak dapat melihat konsumen dan produsen bersamaan atau bisa dikatakan sulit membedakan produsen dan konsumen sekaligus.
2. Pasar Jasa atau Tenaga, pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan. Jasa tidak dapat dipegang dan dilihat secara fisik karena waktu pada saat dihasilkan bersamaan dengan waktu mengkonsumsinya. Contoh: pasar tenaga kerja, rumah sakit yang menjual jasa kesehatan, pangkalan ojek yang menawarkan jasa transportasi sepedah motor, dsb.
3. Pasar uang dan pasar modal
a. Pasar uang, pasar yang memperjual belikan mata uang negara-negara yang berlaku di dunia, disebut juga pasar valuta asing (valas/foreign exchange/forex) resiko yang ada pada pasar ini relatif besar dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, namun demikian keuntungan yang mungkin diperoleh juga relatif besar. Misal, transaksi forex di BEJ, BES, agen forex, di internet, dll.
b. Pasar modal, pasar yang memperdagangkan surat-surat berharga sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan bisnis atau lepemiikan modal untuk di investasikan sesuai dengan kesempatan yang telah dibuat. Misal, saham, reksadana, obligasi perusahaan swasta dan pemerintah, dsb.
Pasar ditinjau dari jenisnya:
1. Pasar konsumsi
Pasar konsumsi menjual barang-barang untuk keperluan konsumsi. Misalnya menjual beras, sandal, lukisan, dll. Contohnya adalah pasar mergan di malang pasar keramat jati di jakarta, dll.
2. Pasar faktor produksi
Pasar faktor produksi menjual barang-barng untuk keperluan produksi, misalnya menjual mesin-mesin untuk memproduksi, lahan untk pabrik, dll.
Pasar menurut luas jangkauan
1. pasar daerah, mebeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu di hasilkan. Bisa juga dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.
2. pasar lokal, membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.
3. pasar nasional, membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penawaran dalam satu negri.
4. pasar internasional, membeli dan menjual produk dari beberapa negara tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan luas jangkauanya diseluruh dunia.
Struktur Pasar
1. Pasar Persaingan Sempurna (perfect coompetition market)
yaitu pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penjual yang menjual barang yang sama sehingga tidak ada satu pihakpun yang dapat mempengaruhi harga pasar.
Ciri-ciri:
- Jumlah penjual banyak
- Produk yang dijual bersifat homogen
- Tidak ada halangan keluar-masuk pasar (free entry barrier)
- Penjual dan pembeli mempunyai pengertian sempurna tentang pasar
- Distribusi produk relative lancer
- Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar
- Pemerintah tidak campur tangan dalam pembentukan harga
- Penjual (produsen) hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga)
Kelemahan:
- Barang yang homogen menyebabkan konsumen tidak memiliki pilihan
- Pasar ini hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal
2. Pasar persaingan tidak sempurna
a. Pasar Monopoli
adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana ada satu penjual (produsen) yang berhadapan dengan banyak pembeli (konsumen).

Ciri-cirinya:
- Hanya ada stu produsen yang menguasai penawaran.
- Tidak ada barang substitusi (pengganti yang mirip).
- Produsen memiliki kekuatan menentukan harga.
- tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut.
Sebab terjadinya pasar monopooli:
- Ditetapkannya Undang-Undang atas pertimbangan pemerintah
- Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimilliki oleh perusahaan lain
- Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan pada suatu perusahaan untuk di produksi, yang kita kenal dengan istlah hak paten
- Perbedaan sumber daya alam
- adanya modal yang besar
b. Pasar Oliogopoli
adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri:
- Terdapat beberapa penjual/produsen yang manguasai pasar.
- Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak.
- Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar.
- Satu diantaranya para oligopolis merupakan price leader, yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar.
c. Pasar Duopoli
adalah suatu pasar dimana penawaarn suatu jenis barang dikuasai oeh dua perusahaan. Contoh, penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
d. Pasar Monopolistik
adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama dan memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Contoh, produk sabun yang memiliki unggulan. Misalnya, untuk kecantikan, kesehatan, dll.
Ciri-cirinya:
- terdapat banyak penjual.
- barang yang diperjual belikan merupakan produk yang berbeda (differentiated product)
- Para penjual memilliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
- untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi atau iklan.
- dapat keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih murah.
e. Pasar Monopsoni
Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan. Contoh PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.



Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0 comments "PASAR", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Anda peminat madu asli?
Kunjungi target='blank'>Amiriyah madu